Sciatica

by -13 views

Saraf Sciatic merupakan saraf terbesar dan terpanjang pada tubuh. Terdapat sepasang saraf sciatic, masing-masing berukuran hampir sebesar jari. Di setiap sisi tubuh, saraf sciatic berjalan dari tulang punggung bagian bawah, ke daerah bokong, dan kemudian turun sampai ke belakang lutut. Kemudian di sana saraf sciatic ini terbagi menjadi beberapa cabang saraf yang menuju ke kaki.

Ketika saraf sciatic ini terjepit, meradang, atau mengalami kerusakan, maka akan timbul rasa nyeri yang menjalar di sepanjang jalannya saraf ini ke kaki. Nyeri sciatica terjadi pada sekitar 5% penderita nyeri punggung.

PENYEBAB

Pada beberapa orang, tidak ada penyebab yang dapat ditemukan. Pada sebagian penderita, penyebabnya dapat merupakan suatu herniasi diskus intervertebralis (penonjolan bagian lunak yang terdapat diantara ruas-ruas tulang belakang), penonjolan tulang yang tidak rata pada osteoarthritis, stenosis tulang belakang, atau pembengkakan pada ligamen yang terkilir. Sangat jarang, sciatica disebabkan oleh penyakit Paget yang mengenai tulang, kerusakan saraf pada diabetes (neuropati diabetikum), tumor, atau adanya penumpukan darah (hematoma) atau nanah (abses).

Sciatica

Sciatica

GEJALA

Nyeri sciatica biasanya hanya mengenai satu sisi. Nyeri yang timbul bervariasi mulai dari nyeri ringan, sampai nyeri yang tajam, seperti terasa ditusuk jarum atau tersengat listrik. Dapat juga terasa seperti baal/kebas, kesemutan, atau kelemahan pada tungkai bawah atau kaki. Beberapa kegiatan, seperti berjalan, berlari, menaiki tangga, meluruskan kaki, bahkan terkadang batuk atau mengedan, dapat memperberat nyeri. Nyeri biasanya akan berkurang dengan meluruskan punggung atau berdiri.

DIAGNOSA

Pada pemeriksaan fisik, akan diperiksa refleks dan kekuatan otot. Penderita akan diminta untuk berjalan dengan bertumpu pada tumit atau jari-jari kaki (berjinjit), bangun dari posisi jongkok, dan mengangkat tungkai bawah dalam posisi berbaring. Nyeri sciatia biasanya akan memburuk dengan gerakan-gerakan tersebut.

Pemeriksaan penunjang dapat dilakukan, misalnya rontgen tulang belakang untuk melihat apakah terdapat pertumbuhan tulang belakang (bone spur) yang dapat menekan saraf. Pemeriksaan MRI dapat dilakukan untuk melihat gambaran tulang belakang dan jaringan lunak, misalnya adanya herniasi diskus. Selain itu dapat juga dilakukan CT Myelogram, untuk melihat chorda spinalis dan saraf-saraf tulang belakang.

PENGOBATAN

Biasanya nyeri dapat hilang dengan sendirinya. Penanganan nyeri sciatica dapat dilakukan dengan beristirahat, tidur dengan alas yang keras, menggunakan obat-obat seperti acetaminophen atau NSAID, dan kompres hangat atau dingin.

Banyak orang merasa dengan tidur miring dengan menekuk lutut dan meletakkan bantal diantara lutut dapat meringankan nyeri. Meregangkan otot-otot paha perlahan-lahan setelah pemanasan juga dapat membantu.

Terkadang terapi lain digunakan, tergantung dari penyebab nyeri sciatica. Pengobatan dapat meliputi terapi fisik, suntikan kortikosteroid pada punggung, pemberian obat anti kejang, obat anti depresan, dan bahkan pembedahan untuk nyeri hebat yang menetap.

PENCEGAHAN

Pencegahan nyeri sciatica tidak selalu dapat dilakukan, dan kondisi ini sering berulang. Beberapa cara berikut dapat berperan untuk menjaga kesehatan punggung :

  • Olahraga teratur. Olahraga merupakan cara paling penting yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, seperti juga kesehatan punggung.
  • Menjaga postur tubuh yang benar terutama ketika duduk. Pilih kursi dengan sandaran yang baik, Dapat juga meletakkan bantal atau gulungan handuk kecil pada punggung untuk menjaga kelengkungan normalnya.
  • Ketika mengangkat benda berat, biarkan tungkai bawah yang bekerja. Jaga punggung agar tetap lurus dan menekuk hanya pada lutut. Pegang benda tersebut dekat dengan tubuh Anda. Hindari mengangkat dan berputar dalam waktu bersamaan. Cari teman untuk membantu bersama-sama mengangkat benda berat tersebut.
Setting Down Heavy Objects
Incorrect Lifting Technique

REFERENSI

– Alfred J Cianflocco. Low Back Pain. 2013.http://www.merckmanuals.com/home/

bone_joint_and_muscle_disorders/low_back_and_neck_pain/low_back_pain.html

– Mayo Foundation for Medical Education and Research. Sciatica. 2012.

http://www.mayoclinic.com/health/sciatica/DS00516/DSECTION=prevention

Leave a Reply

Your email address will not be published.