Bakteremia Tersembunyi

by -1 views

Bakteremia Tersembunyi

Bakteremia Tersembunyi adalah adanya bakteri di dalam darah pada anak yang mengalami demam, tetapi anak tidak tampak sakit dan tidak terlihat adanya sumber infeksi yang lain.

PENYEBAB

Anak-anak yang berusia kurang dari 3 tahun sering mengalami demam. Seringkali mereka juga memiliki gejala-gejala yang lain, misalnya batuk dan pilek, sehingga bisa didiagnosa penyebabnya. Tetapi sebagian anak hanya mengalami demam, tanpa ada gejala-gejala lainnya. Sekitar 3% anak memiliki bakteri yang beredar pada aliran darah (bakteremia).

Bakteri yang paling sering menyebabkan bakteremia tersembunyi adalah Streptococcus pneumoniae. Bakteri yang beredar hampir tidak pernah terjadi pada anak-anak yang berusia lebih tua atau orang dewasa dengan demam dan tanpa gejala-gejala lainnya. Bakteri yang beredar ini bisa menyerang berbagai organ dan menyebabkan penyakit yang serius, misalnya pneumonia atau meningitis. Meskipun hanya sekitar 5-10% anak dengan bakteremia tersembunyi yang mengalami gangguan serius ini, tetapi perlu dilakukan kultur darah untuk mengidentifikasi bakteri penyebabnya sehingga bisa mencegah terjadinya berbagai gangguan. Peningkatan sel-sel darah putih menunjukkan adanya risiko tinggi terinfeksi bakteri. Pada kasus ini, antibiotik biasanya akan mulai diberikan, meskipun hasil kultur darah belum ada.

Bakteremia Tersembunyi

GEJALA

Kadang anak menderita infeksi saluran pernafasan ringan atau nyeri tenggorokan, tetapi seringkali gejalanya hanya berupa demam (biasanya 38,5oCelsius atau lebih).

DIAGNOSA

Anak-anak yang berusia kurang dari 3 tahun dan mengalami demam tanpa diketahui penyebabnya perlu dilakukan pemeriksaan hitung darah lengkap dan kultur darah. Namun karena bakteremia tersembunyi sangat jarang terjadi pada anak-anak berusia diatas 3 tahun, maka biasanya mereka tidak dilakukan kultur darah.

PENGOBATAN

Bakteremia tersembunyi diobati dengan pemberian antibiotik.

PENCEGAHAN

Pemberian vaksin konjugata Haemophilus influenzae tipe B pada anak-anak telah mengurangi angka kejadian bakteremia tersembunyi akibat Haemophilus influenza tipe B. Vaksin baru terhadap Streptococcus pneumoniae untuk bayi juga telah mengurangi angka kejadian bakteremia penumococcal tersembunyi. Penggunaan vaksin-vaksin ini diharapkan bisa menghilangkan terjadinya bakteremia tersembunyi pada anak.

REFERENSI

– W, Geoffery A. Occult Bacteremia. Merck Manual Home Health Handbook. 2006.

http://www.merckmanuals.com/home/childrens_health_issues/bacterial_infections_in_

infants_and_children/occult_bacteremia.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.