Angiografi Pembuluh Darah Perut (Arteriografi Mesentrik dan Celiac)

by -3 views

Angiografi Pembuluh Darah Perut (Arteriografi Mesentrik dan Celiac) – Tes yang oleh dokter disebut arteriografi mesentrik dan celiac ini merupakan tes dengan sinar-X untuk memeriksa pembuluh darah perut setelah disuntik dengan cairan kontras khusus. Injeksi cairan kontras pada satu atau lebih arteri akan memberikan gambaran pembuluh darah perut. Injeksi pada cabang arteri khusus yang dinamakan angiografi super selektif, memungkinkan pemeriksaan yang detail pada sebagian area.

Tes arteriografi mesentrik dilakukan jika endoskopi tidak dapat menemukan sumber pendarahan gastrointestinal atau pemeriksaan barium, scanning ultrasonic, dan pemeriksaan nuklir atau tomografi terkomputerisasi (CAT) scan menunjukkan hasil yang tidak sesuai pada evaluasi kanker. Tes arteriografi mesentrik juga digunakan untuk mengevaluasi sirosis dan hipertensi portal, untuk menemukan kerusakan pembuluh darah setelah terjadi trauma perut, dan untuk mendeteksi masalah pembuluh darah.

Mengapa tes arteriografi mesentrik dilakukan?

Angiografi pada pembuluh darah perut dilakukan karena beberapa alasan berikut:

  1. Untuk mengetahui letak sumber pendarahan gastrointestinal
  2. Untuk membantu menentukan tumor jinak atau ganas
  3. Untuk mengevaluasi sirosis dan hipertensi portal
  4. Untuk mengevaluasi kerusakan pembuluh darah setelah terjadi trauma perut.
  5. Untuk mendeteksi kelainan-kelainan pada pembuluh darah lainnya.

Apa yang harus Anda ketahui sebelum tes arteriografi mesentrik?

  1. Untuk mengetahui letak sumber pendarahan gastrointestinal
  2. Untuk membantu menentukan tumor jinak atau ganas.
  3. Untuk mengevaluasi sirosis dan hipertensi portal
  4. Untuk mengevaluasi kerusakan pembuluh darah setelah terjadi trauma perut.
  5. Untuk mendeteksi kelainan-kelainan pada pembuluh darah lainnya.

Apa yang harus Anda ketahui sebelum tes?

  1. Anda akan mengetahui siapa yang akan melakuan tes arteriografi mesentrik dan dimana serta tes arteriografi mesentrik akan berlangsung selama 30 menit sampai 3 jam, tergantung pada jumlah pembuluh darah yang akan diperiksa. Anda akan menerima obat anestesi local dan akan merasa tersengat sebentar pada saat diinjeksi. Anda juga akan merasa tertekan pada saat dokter menyentuh daerah (di atas arteri femoralis pada daerah selangkangan) dimana cairan kontras akan disuntikkan. Tetapi anestesi local akan mengurangi nyeri pada saat jarum dimasukan ke arteri.
  2. Anda akan mengetahui bahwa injeksi tersebut dapat menyebabkan perasaan panas atau terbakar sebentar, nyeri kepala, rasa asin, mual dan muntah. Katakan pada dokter atau perawat jika Anda alergi terhadap obat anestesi, kerang-kerangan (seperti udang atau kerang), yodium, atau cairan kontras untuk tes apapun.
  3. Selama tes arteriografi mesentrik Anda perlu berbaring untuk mencegah hasil foto tidak jelas, dan mungkin dipasang alat penahan agar Anda tidak bergerak. Peralatan sinar-X membuat suara yang keras, dan suara gemeretak pada saat dilakukan penyinaran.
  4. Anda perlu berpuasa selama 8 jam sebelum tes arteriografi mesentrik.
  5. Sebelum tes arteriografi mesentrik Anda memakai baju rumah sakit dan melepas semua perhiasan dan benda-benda lain yang dapat menghalangi gambaran detail anatomi pada film sinar-X. kemudian ke kamar mandi untuk buang air kecil.
  6. Anda mendapat obat tidur tepat sebelum tes arteriografi mesentrik, jika dokter meresepkannya.
  7. Anda akan mendapat surat persetujuan Anda untuk melakukan tes arteriografi mesentrik. Pastikan untuk membacanya dengan hati-hati sebelum menandatanganinya. Tanyakan bila ada bagian yang tidak Anda mengerti.

Apa yang terjadi selama tes arteriografi mesentrik?

  1. Anda berbaring terlentang pada meja penyinaran, dan perawat memasang infus intravena.
  2. Perut Anda disinar-X, dan denyut nadi Anda dicek.
  3. Perawat membersihkan area injeksi dan mencukurnya.
  4. Dokter menginjeksikan obat anestesi local dan mencari letak arteri femoralis. Kemudian dokter memasukkan jarum dan memasukkan kateter menuju aorta, yaitu pembuluh darah yang terbesar.
  5. Selanjutnya, dokter menginjeksikan cairan kontras dan melakukan penyinaran serial sinar-X. Setelah injeksi pada satu atau lebih arteri besar, mungkin dapat dilakukan kateterisasi super selektif.
  6. Setelah penyinaran lengkap, dokter melepas kateter dan memasang perban.

Apa yang terjadi setelah tes arteriografi mesentrik?

  1. Perawat akan berulang kali memeriksa Anda untuk melihat apakah denyut dan temperature serta warna kaki Anda dalam kondisi baik.
  2. Anda akan tirah baring selama 4 sampai 6 jam. Tungkai yang ditusuk jarum harus tetap lurus.
  3. Jika Anda tidak dipasang infuse intravena, minum cairan yang banyak untuk mempercepat keluarnya cairan kontras.
  4. Anda bisa merasa kekakuan sementara setelah tes arteriografi mesentrik karena terus berbaring pada meja penyinaran yang keras.

Apakah tes arteriografi mesentrik berisiko?

  1. Tes arteriografi mesentrik harus dilakukan dengan hati-hati pada penderita dengan masalah pembekuan darah.
  2. Cairan yang digunakan pada tes arteriografi mesentrik dapat menyebabkan reaksi alergi, tetapi jarang. Hampir semua reaksi timbul dalam waktu setengah jam.
  3. Komplikasi tes arteriografi mesentrik meliputi pendarahan, trombosis, denyut jantung tidak teratur, dan emboli yang disebabkan oleh tersangkutnya plak ateroklerotik.

Apa yang dimaksud dengan hasil yang normal?

Hasil sinar-X tidak menunjukkan adanya problem pada pembuluh darah perut.

Apa yang dimaksud dengan hasil abnormal?

Pendarahan gastrointestinal akan tampak pada angiogram dengan adanya kebocoran cairan kontras dari pembuluh darah yang rusak. Pendarahan gastrointestinal atas yang parah dapat disebabkan oleh kondisi yang disebut sindroma Mallory-Weiss, tukak lambung atau peptikum, pendarahan lambung dan hernia hiatal yang erosive. Pendarahan gastrointestinal bawah dapat disebabkan oleh kondisi-kondisi seperti pendarahan divertikula dan angiodysplasia.

Tes arteriografi mesentrik dapat mengidentifikasi perubahan pembuluh darah yang disebabkan oleh kanker perut. Hal ini juga menunjukkan progresivitas sirosis.

Trauma perut sering merusak limpa dan, lebih jarang merusak hati. Tes arteriografi mesentrik dapat menampakkan luka tersebut.

Beberapa kelainan yang berpengaruh terhadap diameter dan letak arteri dapat tampak pada angiografi. Plak aterosklerotik atau atheroma yaitu tumpukkan lemak di dalam pembuluh darah, menyempitkan pembuluh darah dan dapat menyumbatnya

Angiografi Pembuluh Darah Perut (Arteriografi Mesentrik dan Celiac)

GEJALA

DIAGNOSA

PENGOBATAN

REFERENSI

Leave a Reply

Your email address will not be published.