Granuloma Annuler

by -3 views

Granuloma Annuler

Granuloma Annuler adalah suatu penyakit kulit menahun yang ditandai dengan adanya benjolan kecil yang kenyal (nodul), yang membentuk cincin dengan bagian tengah yang normal atau agak cekung.

Granuloma annuler paling sering menyerang anak-anak dan dewasa muda.

Granuloma anguler di kelopak mata

PENYEBAB

Penyebab granuloma annulare masih belum diketahui. Terjadinya granuloma annulare diperkirakan berkaitan dengan adanya infeksi tuberkulosis, gigitan serangga, trauma, paparan sinar matahari, vaksinasi, dan infeksi virus tertentu, seperti HIV, virus hepatitis B, virus hepatitis C, virus herpes zoster, dan virus Epstein-Barr. Namun dugaan ini masih belum dapat dibuktikan sepenuhnya.

Pada sekelompok kecil penderita, sekumpulan nodul granuloma annuler timbul jika kulit terpapar sinar matahari. Pada kasus tertentu, granuloma annulare terjadi pada kembar identik dan juga saudara kandung, sehingga ada kemungkinan granuloma annulare juga bersifat diturunkan (herediter). Pada beberapa kasus, munculnya granuloma annulare dihubungkan dengan adanya stress kronis sebagai faktor pencetus.

Granuloma Annuler

GEJALA

Granuloma annuler tampak sebagai kelaianan kulit yang berwarna kemerahan, kekuningan, kebiruan, atau sewarna dengan kulit di sekitarnya; bisa ditemukan 1 atau lebihlesi (kelainan) kulit. Granuloma annuler biasanya muncul pada bagian punggung kaki, tungkai bawah, tangan, atau jari. Granuloma annuler biasanya tidak menimbulkan keluhan, tetapi dapat juga menimbulkan keluhan ringan seperti nyeri atau gatal. Lesi (kelainan) kulit dapat meluas atau menyatu membentuk cincin. Bagian tengah cincin dapat agak cekung, berwarna pucat atau kecoklatan.

Granuloma AnnulareGranuloma Annulare

DIAGNOSA

Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.
Untuk memperkuat diagnosis bisa dilakukan pemeriksaan biopsi.

PENGOBATAN

Biasanya granuloma menghilang dengan sendirinya tanpa perlu diberikan pengobatan khusus.

Untuk mempercepat hilangnya nodul, bisa diberikan corticosteroid dalam bentuk krim atau disuntikkan langsung ke dalam nodul. Krim atau salep corticosteroid seperti Hydrocortisone, Betamethasone,Desonide,Mometasone, Triamcinolone

Derivat vitamin A (Isotretinoin) dapat dipakai untuk antiproliferasi.

Referensi :

1. Wingfield E. Rehmus. Granuloma Annulare. USA. 2012. http://www.merckmanuals.com

2. Ghadially Ruby. Granuloma Annulare. 2012.http://emedicine.medscape.com/article/1123031-overview

REFERENSI

Leave a Reply

Your email address will not be published.