Gangguan pada saraf Hypoglossal (Hypoglossal Nerve Disorders)

by -1 views

Gangguan pada saraf Hypoglossal (Hypoglossal Nerve Disorders)

Gangguan pada saraf kranial ke-12, yaitu Nervus Hypoglossal (Hypoglossal Nerve Disorders) menyebabkan kelemahan atau penyusutan (atropi) lidah pada bagian yang terkena. Saraf Hypoglossal berfungsi dalam menggerakkan lidah.

PENYEBAB

Gangguan saraf Hypoglossal dapat disebabkan oleh berbagai hal, antara lain tumor, kelainan tulang pada dasar tengkorak, stroke, infeksi pada batang otak, atau cedera pada leher, misalnya akibat operasi untuk mengangkat sumbatan pada pembuluh darah arteri di leher (endarterectomy). Amyotrophic lateral sclerosis (penyakit Lou Gehrig) juga bisa merusak saraf hypoglossal.

Gangguan pada saraf Hypoglossal (Hypoglossal Nerve Disorders)

GEJALA

Lidah menjadi lemah pada sisi yang terkena dan akhirnya akan mengalami penyusutan (atrofi). Penderita menjadi kesulitan dalam berbicara, mengunyah, dan menelan. Kerusakan akibatamyotrophic lateral sclerosismenyebabkan gerakan-gerakan kecil dan halus (fasikulasi), seperti berkedut, pada permukaan lidah.

DIAGNOSA

Pemeriksaan MRI (Magnetic Resonance Imaging) biasanya dilakukan untuk melihat apakah terdapat tumor atau stroke. Pemeriksaan punksi spinal dapat dilakukan jika kemungkinan terdapat kanker atau infeksi.

PENGOBATAN

Pengobatan diberikan berdasarkan penyebabnya.

REFERENSI

– Michael Rubin. Hypoglossal Nerve Disorders. 2012.http://www.merckmanuals.com/home/

brain_spinal_cord_and_nerve_disorders/cranial_nerve_disorders/hypoglossal_nerve_disorders.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.