Gagal Tumbuh

by -1 views

Gagal Tumbuh

Gagal tumbuh adalah tertundanya pertumbuhan fisik dan kenaikan berat badan yang dapat menyebabkan tertundanya perkembangan dan pematangan.

Gagal tumbuh adalah diagnosa yang diberikan kepada anak yang terus menerus kekurangan berat badan atau yang tidak dapat bertambah berat badan untuk alasan yang tidak jelas. Ada banyak penyebab. Penyebab terbanyak meliputi faktor kesehatan lingkungan dan sosial yang berinteraksi untuk menghalangi anak dari kecukupan gizi yang diperlukan anak. Banyak faktor kesehatan lingkungan dan sosial bisa bertanggungjawab. Kelalaian orangtua dan kekerasan, gangguan kesehatan mental orangtua, dan keadaan keluarga yang kacau balau dimana terus menerus, makanan bergizi tidak cukup tersedia, semuanya mengurangi nafsu makan dan asupan makanan. Jumlah uang sebuah keluarga yang harus dibelanjakan untuk makanan dan nilai gizi dari makanan yang mereka beli juga mempengaruhi pertumbuhan. Asupan makanan yang tidak tercukupi mencerminkan tidak cukupnya stimulasi orang tua dan kesehatan lingkungan.

PENYEBAB

Kadangkala gagal tumbuh disebabkan oleh gangguan kesehatan pada anak. Gangguannya bisa jadi kecil yaitu kesulitan mengunyah atau menelan (seperti bibir sumbing atau langit-langit mulut sumbing). Gangguan kesehatan, seperti gastroesophageal reflux, penyempitan kerongkongan, atau intestinal malabsorption, bisa juga mempengaruhi kemampuan seorang anak untuk menyimpan, menyerap, atau memproses makanan. Infeksi, tumor, hormon atau gangguan metabolisme (seperti diabetes atau kista fibrosis), penyakit jantung, penyakit ginjal, gangguan genetic, dan infeksi virus HIV adalah alasan fisik lainnya untuk gagal tumbuh.

Gagal Tumbuh

GEJALA

Dokter mendiagnosa gagal tumbuh ketika berat anak atau tingkat pertumbuhan sangat rendah yang harus dibandingkan dengan ukuran yang lama atau table tinggi-berat standar (lihat table tinggi dan berat untuk anak laki-laki dan perempuan). Jika tingkat pertumbuhan cukup, anak tersebut kecil untuk seusianya tetapi masih bertumbuh secara normal.

DIAGNOSA

Untuk memastikan mengapa seorang anak kemungkinan gagal tumbuh, dokter menanyakan orang tua pertanyaan khusus mengenai makanan; kebiasaan buang air besar, sosial, emosi, dan stabilitas keuangan pada keluarga, yang mungkin mempengaruhi anak tersebut untuk akses ke makanan; dan penyakit-penyakit yang diderita anak atau yang menurun di dalam keluarga. Dokter menganalisa anak tersebut, memperhatikan tanda-tanda pada kondisi yang bisa menjelaskan tertundanya perkembangan anak. Dokter membuat keputusan mengenai tes darah dan air seni dan sinar X berdasarkan pengamatan ini. Tes yang lebih luas dilakukan hanya jika dokter menduga penyakit yang mendasari.

PENGOBATAN

Pengobatan tergantung pada kasusnya. Jika sebuah gangguan kesehatan ditemukan, pengobatan khusus diberikan. Sebaliknya, pengobatan tergantung pada sejauh mana berat badan normal anak tersebut. Gagal tumbuh ringan sampai sedang diobati dengan nutrisi, makanan berkalori tinggi diberikan dengan jadwal reguler. Orangtua kemungkinan berkonsultasi mengenai interaksi keluarga yang merusak anak dan mengenai keuangan dan sumber sosial yang ada kepada mereka. Gagal tumbuh akut diobati di rumah sakit pekerja sosial, ahli gizi, ahli makanan, psikiater, dan ahli-ahli lainnya bekerja bersama untuk menentukan penyebab yang paling mungkin pada gagal tumbuh anak tersebut dan pendekatan terbaik untuk memberi makan.

Karena tahun pertama pada kehidupan penting untuk perkembangan otak, anak yang menjadi kurang gizi selama waktu ini bisa secara permanen ketinggalan dibanding teman sebayanya, bahkan jika pertumbuhan fisik mereka meningkat. Dalam sekitar setengah dari anak ini, perkembangan mental, khususnya keahlian verbal, tetap di bawah normal, dan anak ini seringkali memiliki masalah sosial dan emosi pada masa dewasa.

REFERENSI

– D, Steven. Failure to Thrive. Kids Health. 2011.

http://kidshealth.org/parent/medical/endocrine/failure_thrive.html

– K, Neil K. Failure to Thrive. Medline Plus. 2011.

http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/article/000991.htm

– P, Elizabeth J. Failure to Thrive. Merck Manual Home Health handbbok. 2012.

http://www.merckmanuals.com/home/childrens_health_issues/miscellaneous_disorders_

in_infants_and_young_children/failure_to_thrive.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.