Eritema Infeksiosa

by -1 views

Eritema Infeksiosa

Eritema Infeksiosa (5th Disease) adalah suatu infeksi virus menular yang ditandai dengan gejala yang ringan serta bintik-bintik atau ruam kemerahan, yang mulai timbul di pipi lalu menyebar ke badan, lengan, dan tungkai.

PENYEBAB

Penyakit ini disebabkan oleh Parvovirus B19 (human parvovirus).
Infeksi ini ditularkan melalui percikan ludah penderita. Infeksi juga bisa ditularkan dari ibu hamil kepada janinnya, dan kemungkinan menyebabkan bayi lahir mati, anemia berat atau edema pada janin (hydrops fetalis).

Penyakit ini biasanya berlangsung sekitar 5-10 hari, tetapi ruam bisa muncul kembali setelah beberapa minggu akibat paparan sinar matahari, panas, olahraga, demam atau stres emosional.

Eritema Infeksiosa

GEJALA

Gejala-gejala biasanya muncul setelah 4-14 hari setelah terinfeksi, tetapi banyak anak yang tidak mengalaminya. Namun, sebagian anak bisa mengalami demam ringan dan merasa agak tidak enak badan selama beberapa hari. Setelah 7-10 hari kemudian, muncul kemerahan pada pipi, yang seringkali terlihat seperti bekas tamparan. Kemudian ruam akan muncul di lengan, tungkai dan badan, tetapi biasanya tidak mengenai telapak tangan atau telapak kaki. Ruam bisa terasa gatal dan terdiri dari daerah-daerah merah yang menonjol, tidak rata, seperti renda (lacy pattern), terutama pada daerah lengan yang tidak tertutup pakaian, karena ruam bisa memburuk akibat paparan sinar matahari.

Pada remaja bisa terjadi nyeri sendi dan pembengkakan ringan yang menetap atau hilang timbul selama beberapa minggu atau bulan.

Eritema infeksiosa juga bisa tampak dalam bentuk yang berbeda, terutama pada anak-anak dengan penyakit sel sabit atau pada anak-anak dengan gangguan kekebalan tubuh, seperti AIDS. Virus bisa mengenai sumsum tulang dan menyebabkan anemia berat.

DIAGNOSA

Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan ruam yang khas.
Kadang dilakukan pengukuran titer antibodi untuk parvovirus B19.

PENGOBATAN

Biasanya tidak ada pengobatan khusus untuk eritema infeksiosa. Pengobatan bertujuan untuk mengatasi gejala-gejala yang ada. Jika timbul demam atau nyeri sendi bisa diberikan Acetaminophen.

REFERENSI

– C, Mary T. Erythema Infectiosum. Merck Manual Home Health Handbook. 2007.

http://www.merckmanuals.com/home/childrens_health_issues/viral_infections_in_infants_

and_children/erythema_infectiosum.html

– K, Joel. Fifth Disease. KidsHealth. 2010.

http://kidshealth.org/parent/infections/skin/fifth.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.