Endoftalmitis

by -0 views

Endoftalmitis

Endoftalmitis adalah peradangan yang terjadi pada mata bagian dalam.

PENYEBAB

Endoftalmitis jarang terjadi. Endoftalmitis disebabkan oleh masuknya organisme ke dalam mata yang dapat terjadi akibat tindakan bedah atau cedera pada bola mata, atau organisme yang sampai ke mata melalui aliran darah.

Infeksi yang masuk ke aliran darah memiliki banyak penyebab, misalnya prosedur penanganan gigi, pemakai obat suntik terlarang, terbentuknya kantong nanah (abses), luka pada kulit, infeksi (seperti pneumonia atau sepsis), atau pembedahan pada bagian tubuh manapun.

Infeksi biasanya disebabkan oleh bakteri (misalnya Staphylococcus aureus), tetapi dapat juga disebabkan oleh jamur atau protozia. Virus juga dapat menyebabkan infeksi pada mata, tetapi biasanya tidak termasuk dalam endoftalmitis.

Endoftalmitis

GEJALA

Gejala yang muncul dapat berat, yaitu berupa nyeri hebat pada mata,kemerahan pada sklera,fotofobia (sangat sensitif terhadap cahaya terang),penglihatan menurun, dan adakalanya pembengkakan pada kelopak mata.

DIAGNOSA

Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan mata. Terkadang dilakukan kultur dan pemeriksaan antibodi atau DNA untuk mengidentifikasi organisme penyebabnya. Kultur organisme dapat diambil dari cairan aqueous humor (cairan yang berada pada bilik mata depan) dan vitreous humor (substansi seperti jel yang mengisi bagian belakang bola mata). Kultur darah dan air kemih juga mungkin diperlukan. Hasil kultur juga dapat digunakan untuk menentukan obat yang paling baik untuk mengatasi organisme penyebab infeksi.

PENGOBATAN

Meskipun telah diberikan pengobatan yang tepat dan dini, prognosis penglihatan pada endoftalmitis seringkali buruk.

Endoftalmitis merupakan suatu keadaan darurat. Pengobatan harus segera diberikan untuk mempertahankan penglihatan. Menunda pengobatan, meskipun beberapa jam saja, bisa menyebabkan kebutaan. Pilihan antibiotik dapat ditentukan berdasarkan organisme penyebabnya. Antibiotik dapat diberikan melalui pembuluh darah (intravena), disuntikkan langsung ke dalam mata, atau keduanya. Pada kasus endoftalmitis dimana penglihatan menjadi sangat buruk dapat diberikan kortikosteroid atau dilakukan pembedahan. Pembedahan dapat dilakukan untuk membuang jaringan yang terinfeksi dari dalam mata, yang mungkin dapat membantu menghentikan infeksi.

REFERENSI

– G, Sunir J. Endophthalmitis. Merck Manual Home Health Handbook. 2013.

http://www.merckmanuals.com/home/eye_disorders/retinal_disorders/endophthalmitis.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.