Dermatitis Numuler

by -3 views

Dermatitis Numuler

Dermatitis Numuler adalah suatu peradangan dan ruam menetap yang menimbulkan gatal, yang ditandai dengan bintik berbentuk uang logam disertai lepuhan-lepuhan kecil, keropeng dan sisik-sisik.

PENYEBAB

Penyebabnya tidak diketahui.
Dermatitis numuler biasanya tejadi pada usia setengah baya, terutama yang kulitnya kering dan paling banyak terjadi di musim dingin.

Dermatitis Numuler

GEJALA

Bintik-bintik bulat berawal sebagai beruntusan/jerawat dan lepuhan yang menyebabkan gatal, yang selanjutnya pecah dan membentuk keropeng.
Bintik-bintik ini lebih jelas tampak di punggung lengan atau tungkai dan di bokong, tetapi bisa juga ditemukan pada batang tubuh.

DIAGNOSA

Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala-gejalnya.

PENGOBATAN

Pengobatan terdiri dari antibiotik per-oral (melalui mulut), krim dan suntikan kortikosteroid serta terapi sinar ultraviolet.

Pemakaian kortikosteroid topikal seperti Hydrocortisone, Betamethasone, Triamcinolon, Fluocinolone acetonide, Clobetasol dapat mempercepat kekambuhan, dapat menimbulkan ketergantungan karena efek rebound, dan tidak dianjurkan kecuali untuk penggunaan jangka pendek.

Untuk mengurangi inflamasi digunakan imunosupresan sepertiPimecrolimus,Tacrolimus

Antibiotik diberikan untuk mengatasi infeksi eksudatif kemerahan , pemberian antibiotik ini ditujukan untuk mengtasi infeksi S. aureus. Antara lain Dicloxacillin, Cephalexin, Erythromycin

REFERENSI

Leave a Reply

Your email address will not be published.