Conjugate Gaze Palsy

by -1 views

Conjugate Gaze Palsy

Pada Conjugate Gaze Palsy, kedua mata tidak dapat bergerak ke satu arah (dari sisi ke sisi, ke atas, atau ke bawah) pada waktu bersamaan.

Conjugate Gaze Palsy lebih sering mengenai pandangan ke arah horizontal (melihat ke samping). Pandangan ke atas lebih jarang terkena, dan pandangan ke bawah lebih jarang lagi. Orang lain dapat memperhatikan bahwa mereka tidak dapat melihat pada arah tertentu.

PENYEBAB

Penyebab paling seringConjugate Gaze Palsyadalah kerusakan batang otak, seringkali oleh stroke. Kelumpuhan tersebut seringkali bersifat total dan berat. Di mana, mata tidak dapat bergerak menuju ke sisi tertentu sepenuhnya. Kelumpuhan juga bisa disebabkan oleh kerusakan bagian depan otak besar, biasanya akibat stroke. Kelumpuhan yang dihasilkan tidak seberat yang disebabkan oleh kerusakan pada batang otak, dan gejala-gejala yang timbul seringkali berkurang dengan berjalannya waktu.

Kelumpuhan pandangan ke arah vertikal : pandangan ke arah vertikal dapat berangsur-angsur menurun ketika tua, tetapi kelumpuhan pandangan ke arah vertikal lebih berat dibandingkan perubahan yang berhubungan dengan usia. Biasanya, gangguan mengenai pandangan ke arah atas. Penyebab paling sering adalah kerusakan di daerah bagian atas batang otak (midbrain), biasanya oleh stroke atau tumor.

Pupil biasanya besar (membesar). Reaksi pupil terhadap cahaya lebih lambat dan kurang sempurna dibandingkan normal. Ketika penderita berusaha untuk melihat ke atas, mata bergerak cepat pada satu perintah, kemudian lambat menyimpang pada perintah lainnya, gerakan mata ini disebut nystagmus.

Jika pandangan ke arah bawah yang terganggu, penyebabnya biasanya kelumpuhan supranuklear progresif.

Conjugate Gaze Palsy

GEJALA

DIAGNOSA

PENGOBATAN

REFERENSI

– Michael Rubin. Conjugate Gaze Palsy. 2012.http://www.merckmanuals.com/home/

brain_spinal_cord_and_nerve_disorders/cranial_nerve_disorders/conjugate_gaze_palsies.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.