Barium Enema (pemeriksaan saluran pencernaan bawah)

by -1 views

Barium Enema (pemeriksaan saluran pencernaan bawah)pemeriksaan medis barium enemaTes Barium enema juga disebut pemeriksaan saluran pencernaan bawah ini merupakan pemeriksaan dengan sinar-X pada usus besar. Tes Barium enema dilakukan pada penderita yang mempunyai riwayat adanya perubahan kebiasaan buang air besar, nyeri pada perut bawah, atau adanya darah, lendir atau nanah pada feses.

Pada teknik kontras tunggal, barium sulfat dimasukkan pada rectum. Pada teknik kontras ganda, barium sulfat dan udara dimasukkan dalam rectum. Teknik kontras tunggal menampakkan gambaran usus besar dari samping. Sedangkan teknik kontras ganda menampakkan usus besar dari depan dan samping. Teknik yang terakhir merupakan teknik yang terbaik untuk mendeteksi tumor yang kecil (khususnya polip), penyakit keradangan dini, dan pendarahan kecil yang disebabkan oleh tukak.

Mengapa Tes Barium enema dilakukan?

Tes Barium enema mungkin dilakukan unuk membantu mendiagnosa kanker usus besar, kanker rectum dan perubahan struktur pada usus besar.
Apa yang harus Anda ketahui sebelum Tes Barium enema?

  1. Anda akan mempelajari Tes Barium enema, termasuk siapa yang akan melakukan, dimana dan perkiraan waktunya (30 sampai 45 menit).
  2. Anda akan mengetahui bahwa keakuratan Tes Barium enema tergantung pada kerja sama Anda dalam hal melakukan persiapan usus dan menjalani diet yang dianjurkan. Teknik persiapan usus meliputi pembatasan makanan dan minuman dari susu dan makan diet cair selama 24 jam sebelum Tes Barium enema. Anda akan diminta untuk minum sebanyak 250 cc air putih selama 12 sampai 24 jam sebelum tes.
  3. Anda akan mendapatkan enema atau enema ulangan sampai tidak ada lagi feses yang berada dalam usus besar Anda yang menghalangi sinar-X.
  4. Anda dibaringkan pada meja penyinaran yang dapat dimiringkan. Selama Tes Barium enema Anda akan dipasangi tali pengaman pada meja dan dibantu untuk melakukan berbagai posisi.
  5. Anda akan mengetahui bahwa akan merasa nyeri , kram atau ingin mengeluarkan enama barium pada saat dimasukkan udara pada usus Anda. Jika terjadi demikian, bernafas dalam-dalam dan perlahan melalui mulut untuk mengurangi rasa tidak nyaman itu.
  6. Selama Tes Barium enema, Anda harus menjaga anus berkontraksi rapat-rapat terhadap selang rectal utnuk menahan posisinya dan membantu mencegah keluarnya barium. Jika ada barium yang keluar, dinding usus tidak bisa terlapisi dengan baik dan tes menjadi tidak akurat.
  7. Anda medapat surat yang memberitahukan persetujuan Anda untuk melakukan Tes Barium enema ini. Pastikan untuk membaca surat ini dengan hati-hati sebelum menandatanganinya. Tanyakan bila ada bagian yang tidak Anda mengerti.

Apa yang terjadi selama Tes Barium enema?

  1. Anda dibaringkan terlentang pada meja penyinaran yang dapat dimiringkan dan disinar-X pada perut Anda.
  2. Anda dibantu untuk melakukan posisi yang berbeda-beda, dan selang yang sudah diberi pelicin dimasukkan dalam anus Anda.
  3. Dokter atau perawat akan memasukkan barium enema perlahan-lahan melalui selang, dan proses pengisian dimonitor. Untuk membantu pengisian, meja mungkin akan dimiringkan atau Anda dibantu untuk mengubah posisi Anda.
  4. Aliran barium diobservasi, disinar-X untuk melihat temuan-temuan yang signifikan. Pada saat barium mengisi usus, dilakukan sinar-X pada perut. Kemudian selang rectal dilepas. Anda diantar ke kamar mandi atau dibaringkan pada tempat tidur khusus dan diberi tahu untuk buang air besar barium sebanyak mungkin.
  5. Setelah itu, dilakukan penyinaran sinar-X tambahan.
  6. Teknik barium enema bisa langsung dilakukan sesudah tes pemeriksaan tersebut atau dilakukan terpisah. Jika dilakukan segera barium dibiarkan tetap di usus Anda, melapisi mukosa dan dengan hati-hati dimasukkan udara untuk menegangkan lumen usus.

Apa yang terjadi setelah Tes Barium enema?

  1. Anda perlu minum cairan ekstra karena persiapan usus dan Tes Barium enema dapat menyebabkan dehidrasi.
  2. Anda harus istirahat. Tes Barium enema dan persiapan usus hampier selalu membuat penderita kelelahan.
  3. Anda akan mendapatkan enema pembersih untuk mengeluarkan barium yang masih berada dalam usus. Selama 24 sampai 72 jam feses Anda akan berwarna terang.

Apakah Tes Barium enema berisiko?

  1. Tes Barium enema tidak boleh dilakukan jika penderita mempunyai denyut jantung yang cepat, colitis ulseratif berat, megacolon toksik, atau diduga ada perforasi usus.
  2. Tes Barium enema harus dilakukan dengan hati-hati jika penderita mempunyai penyumbatan pada usus, colitis ulseratif, divertikulitis atau diare berdarah yang berat.
  3. Tes Barium enema dapat menyebabkan komplikasi seperti perforasi usus besar, intoksikasi air dan granuloma barium.

Apa yang dimaksud dengan hasil yang tidak normal?

Pada enema kontras tunggal, usus terisi barium dengan rata dan penanda usus besar terlihat jelas. Dinding usus kolaps pada saat barium bergerak, dan lapisan dinding usus mempunyai gambaran yang rata, berbulu pada sinar-X.

Pada enema kontras ganda, usus membesar rata karena ada udara dan mempunyai lapisan tipis barium yang memberikan detail pola mukosa yang bagus. Pada saat penderita dibantu untuk mengubah posisi, barium akan terkumpul pada dinding usus tergantung pada kekuatan gravitasi.

Apa yang dimaksud dengan hasil yang abnormal?

Hampir semua kanker usus besar terjadi pada daerah rektosigmoid dan paling baik dideteksi dengan tes lain yang disebut proctosigmoidoskopi. Akan tetapi, tes barium enema ini dapat menampilkan kanker yang letaknya pada usus besar yang lebih tinggi.

Sinar-X juga akan menunjukkan dan menggambarkan penyakit keradangan yang luas, seperti divertikulitis dan colitis ulseratif. Colitis ulseratif biasanya berasal dari daerah anus dan naik melalui usus.

Film sinar-X juga menampakkan polip, perubahan struktur pada usus (Seperti masukknya bagian usus yang satu atau ke bagian usus lain), gastroenteritis, kolon iritabel, dan beberapa kasus appendicitis akut

Barium Enema (pemeriksaan saluran pencernaan bawah)

GEJALA

DIAGNOSA

PENGOBATAN

REFERENSI

Leave a Reply

Your email address will not be published.