Angiografi Ginjal

by -2 views

Angiografi Ginjal – Tes angiografi ginjal dengan sinar-X memungkinkan pemeriksaan ginjal dan pembuluh darahnya. Pada angiografi ginjal dengan sinar-X dokter menginjeksikan cairan kontras khusus pada pembuluh darah di daerah selangkangan. Cairan kontras ini mempunyai sifat khusus yang membuatnya bisa tampak pada sinar-X. Pada saat cairan kontras mencapai ginjal, dengan cepat dokter melakukan penyinaran sinar-X serial.

Mengapa angiografi ginjal dengan sinar-X dilakukan?

Angiografi ginjal dengan sinar-X mungkin dilakukan karena beberapa alasan berikut ini:

  1. Untuk menunjukkan konfigurasi semua pembuluh darah ginjal sebelum pembedahan.
  2. Untuk menentukan penyebab hipertensi renovaskular.
  3. Untuk mengevaluasi penyakit gagal ginjal dan ginjal yang tidak berfungsi
  4. Untuk mengevaluasi penyakit gagal ginjal atau penyakit ginjal kronik
  5. Untuk menginvestigasi masa pada ginjal, malformasi pembuluh darah, pseudotor dan trauma ginjal

Apa yang harus Anda ketahui sebelum angiografi ginjal dengan sinar-X ?

  1. Anda akan mempelajari angiografi ginjal dengan sinar-X termasuk siapa yang akan melakukan, dimana dan perkiraan lamanya tes (sekitar 1 jam)
  2. Anda akan merasa sedikit tidak nyaman pada saat injeksi anestesi local dan seperti rasa terbakar dan hangat serta rasa logam di mulut ketika diinjeksi cairan kontras.
  3. Anda akan diberitahu bahwa pada saat dilakukan penyinaran akan terdengar suara yang keras dan berdentam dari mesin sinar-X.
  4. Katakan pada dokter atau perawat jika Anda mempunyai gangguan pembekuan darah. Juga jika Anda alergi terhadap kerang-kerangan (seperti kerang atau udang), yodium, atau cairan kontras pada pemeriksaan medis lainnya.
  5. Selama 8 jam sebelum tes angiografi ginjal Anda perlu berpuasa.
  6. Anda akan mengenakan baju rumah sakit dan diminta untuk melepas semua perhiasan atau benda logam lain yang dapat menghalangi penyinaran.
  7. Tepat sebelum tes angiografi ginjal Anda akan mendapat obat tidur dan obat anti nyeri. Perawat akan meminta Anda untuk buang air kecil.
  8. Anda perlu menandatangani surat yang menyatakan persetujuan Anda untuk melakukan tes . Pastikan untuk membaca surat ini dengan hati-hati dan tanyakan bila ada bagian yang tidak Anda mengerti.

Apa yang terjadi selama tes angiografi ginjal?

  1. Anda berbaring pada meja pemeriksaan, dan perawat akan memasang infus intravena. Kulit di atas arteri, pembuluh darah di daerah selangkangan dimana dokter akan menyuntikkan cairan kontras obat anestesi, dibersihkan dengan larutan antiseptic.
  2. Kemudian dokter memasukkan selang kecil yang disebut kateter pada pembuluh darah dan diteruskan sampai ke aorta, yaitu pembuluh darah utama di perut, dengan menggunakan kawat pemandu.
  3. Dokter menginjeksi cairan kontras dan melakukan penyinaran
  4. Selanjutnya untuk menentukan letak posisi asteri ginjal, dokter menginjeksikan cairan kontras tambahan dan dengan cepat melakukan penyinaran sinar-X serial.
  5. Dokter melepas kateter dan memasang penekan di atas tempat tusukan selama sekitar 15 menit untuk mencegah pendarahan. Kemudian dokter memasang perban.

Apa yang terjadi setelah tes angiografi ginjal?

  1. Anda dibaringkan mendatar di tempat tidur selama sedikitnya 6 jam. Perawat memeriksa Anda secara teratur setiap 15 menit selama 1 jam, kemudian setiap 30 menit selama 2 jam.
  2. Perawat akan memeriksa perban untuk memastikan bahwa tidak terjadi pendarahan yang banyak.

Apakah tes angiografi ginjal berisiko?

Tes angiografi ginjal tidak boleh dilakukan pada wanita hamil atau penderita dengan yang memiliki kecenderungan pendarahan, alergi terhadap cairan kontras atau gagal ginjal.

Apa yang dimaksud dengan hasil yang normal?

Tes angiografi ginjal harus menunjukkan ginjal dan pembuluh darah yag normal.

Apa yang dimaksud dengan hasil abnormal?

Angiografi dapat menunjukkan tumor ginjal dan kista. Tes angiografi ginjal dapat juga menunjukkan penyempitan arteri ginjal karena arteriosclerosis. Temuan ini merupakan konfirmasi bahwa tekanan darah tinggi yang terjadi adalah akibat masalah pada ginjal.

Tes angiografi ginjal dapat mendeteksi infark pada ginjal, aneurisma, arteri ginjal, dan fistula arteriovenius renal. Tes angiografi ginjal dapat menunjukkan kerusakan dan distorsi bagian pada ginjal dari orang yang menderita pylonephritis kronik atau yang parah. Tes angiografi ginjal juga dapat menunjukkan abses atau keradangan pada ginjal.

Pada saat dilakukan angiografi untuk mengevaluasi trauma gijal, mungkin akan terdeteksi adanya gumpalan darah, laserasi, ginjal yang hancur, dan daerah yang infark.

Angiografi Ginjal

GEJALA

DIAGNOSA

PENGOBATAN

REFERENSI

Leave a Reply

Your email address will not be published.