Angigrafi Kelenjar Limfa (Lymphangiography)

by -1 views

Angigrafi Kelenjar Limfa (Lymphangiography)

Angiografi kelenjar limfa digunakan untuk memeriksa pembuluh limfa. Angiografi kelenjar limfa dilakukan dengan pemeriksaan sinar-X serial setelah dokter menyuntikkan cairan kontras khusus pada pembuluh limfa di kedua kaki atau yang lebih jarang di kedua tangan. Nama lain dari tes Angiografi kelenjar limfa adalah lymphangiography.

Cairan kontras yang disuntikkan pada kaki memungkinkan dokter memeriksa kelenjar limfa pada tungkai, selangkangan dan daerah iliaka, serta retroperitoneum sampai ke pembuluh limfa dada. Injeksi pada tangan memungkinkan pemeriksaan terhadap kelenjar limfa di ketiak dan supraklavikular.

Pemeriksaan sinar-X segera dilakukan setelah injeksi untuk menunjukkan pengisian sistem pembuluh limfa dan kemudian setelah 24 jam dilakukan penyinaran lagi untuk memeriksa kelenjar limfa. Karena cairan kontras dapat berada pada kelenjar getah bening sampai 2 tahun, maka juga dilakukan pemeriksaan sinar-X sesudahnya.

Mengapa tes lymphangiography dilakukan?

Angiografi kelenjar limfa dilakukan karena beberapa alasan berikut ini :

  1. Untuk mendeteksi dan menentukan stadium limfoma dan untuk mengidentifikasi penyebaran kanker pada kelenjar limfa.
  2. Untuk membantu terapi pembedahan atau mengevaluasi keefektifan kemoterapi dan terapi radiasi dalam pengontrolan kanker.
  3. Untuk menginvestigasi pembesaran kelenjar limfa yang sudah terdeteksi dengan CAT scan atau ultrasonografi.

Apa yang harus Anda ketahui sebelum tes Angiografi kelenjar limfa?

  1. Anda perlu mengetahui proses angiografi kelenjar limfa, termasuk siapa yang akan melakukan, dimana dan perkiraan lamanya tes (sekitar 3 jam). Juga dilakukan penyinaran tambahan pada hari berikutnya, tetapi hanya akan berlangsung selama 30 menit.
  2. Injeksi cairan kontras biru pada kedua kaki menyebabkan sedikit rasa tidak nyaman, dan cairan akan mengubah warna urine dan feses selama 48 jam dan kulit menjadi kebiruan selama 48 jam.
  3. Obat anestesi lokal akan diinjeksikan sebelum dibuat insisi kecil pada kedua kaki. Kemudian cairan kontras diinjeksikan selama

Leave a Reply

Your email address will not be published.