Abrupsio Plasenta

by -2 views

Abrupsio Plasenta

Abrupsio Plasenta adalah pelepasan plasenta yang berada dalam posisi normal pada dinding rahim sebelum waktunya, yang terjadi pada saat kehamilan bukan pada saat persalinan.

PENYEBAB

Penyebab terjadinya abrupsio plasenta tidak diketahui. Abrupsio lebih sering ditemukan pada wanita yang menderita tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes atau penyakit rematik, dan wanita pemakai kokain.

Abrupsio Plasenta

GEJALA

Terjadi perdarahan rahim yang berasal dari sisi tempat menempelnya plasenta. Perdarahan eksternal terjadi jika darah keluar melalui vagina, tetapi jika darah terperangkap di belakang plasenta, akan terjadi perdarahan tersembunyi.

Gejala yang timbul tergantung kepada luasnya pelepasan plasenta dan banyaknya darah yang hilang.
Gejalanya berupa:
– perdarahan vagina
– nyeri perut yang timbul secara tiba-tiba
– nyeri kram perut
– nyeri jika perut ditekan

Abrupsio plasenta menyebabkan berkurangnya pasokan oksigen dan zat gizi untuk janin dan bisa menyebabkan kematian janin. Sedangkan ibu bisa mengalami perdarahan yang serus,DIC(disseminated intravascular coagulation, bekuan darah di dalam pembuluh darah), gagal ginjal, dan perdarahan ke dalam dinding rahim. Keadaan ini lebih sering terjadi pada wanita hamil yang mengalamipre-eklamsi) dan bisa merupakan petunjuk bahwa janin berada dalam keadaan gawat atau telah meninggal.

DIAGNOSA

Diagnosa didasarkan dari gejala-gejala yang ada dan untuk memperkuat diagnosa biasanya dilakukan pemeriksaan USG.

PENGOBATAN

Penderita perlu segera dirawat dan menjalani tirah baring. Jika gejalanya berkurang, penderita dapat mulai latihan berjalan dan mungkin boleh pulang. Tetapi, jika gejalanya semakin memburuk, maka perlu dilakukan persalinan dini untuk menyelamatkan ibu dan bayi.

REFERENSI

– F, Edmund F. Placental Abruption (Abruptio Placentae). Merck Manual Home Health Handbook. 2008.

http://www.merckmanuals.com/home/womens_health_issues/complications_of_pregnancy/

placental_abruption_abruptio_placentae.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.